Selasa, 12 Oktober 2010

lega saat bakat diberi tempat!!

Setiap orang memiliki bakat dan minat yang harus diberi ruang dan wadah untuk di kembangkan dan diberdayakan agar lahirlah generasi-generasi yang mampu berkontribusi positif secara total di lingkungan masyarakat, guna membangun peradaban dan kebudayaan yang baik di kehidupan yang terus berkembang di zaman modern ini.
Dalam salah satu kajian di ilmu psikologi, terdapat beberapa penjelasan tentang keuntungan pengembangan minat bakat yang dimiliki oleh setiap orang. Abraham Maslow menjelaskan dengan singkat dalam teori piramida kebutuhannya, ada tujuh kebutuhan yang harus terpenuhi dalam kehidupan manusia. Ia menegaskan bahwa kebutuhan untuk mengaktualisasi diri menjadi urutan kebutuhan yang harus dipenuhi dan menjadi hal yang cukup urgen dalam kehidupan manusia.
Setiap generasi terlahir dengan bakat unik yang berbeda satu sama lain. Penanganan ini menjadi penting dan bahkan lebih penting dibandingkan dengan hanya mengajar dan menyampaikan suatu ilmu tapa memperhatikan minat dan bakat anak. Dalam dunia pendidikan pun demikian. Kesuksesan murid menjadi harga mahal yang harus dipenuhi seorang guru. Sukses disini bukan semata-mata menyiapkan mereka dan membekali mereka dengan kebutuhan manusia zaman sekarang, dan semata-mata memposisikan mereka sebagai obyek yang bisa dieksploitasi penuh dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat tersebut. Namun semestinya lebih kepada sudah atau belumkah bakat peserta tersalurkan dengan baik. Yang mampu menuntun mereka untuk berproduk secara total. dalam artian memposisikan mereka menjadi subyek yang punya hak untuk memilih dan menentukan pengetahuan apa yang ingin mereka ketahui dan mereka butuhkan.
Dampak dari ketidak terpenuhinya minat dan bakat ini akan menjadi kendala yang cukup krusial bagi perkembangan seseorang. Hal ini menjadi penting karena pengembangan minat bakat ini tidak terhalang dengan batas usia. Dalam sebuah kasus nyata seorang ibu rumah tangga yang berusia puluhan tahun memilih tidak digaji asalkan diberi kesempatan untuk mengajar PAUD dan rela menempuh perjalanan berkilo-kilo meter. Hal ini menegaskan betapa seseorang sangat membutuhkan kesempatan untuk beraktualisasi diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar